Layanan Aduan dan Aspirasi Pelayanan Publik : www.lapor.go.id

BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN OBAT KEPADA PENGELOLA SARANA KEFARMASIAN


25 Jun 2021   BERITA

Obat memiliki peranan yang strategis dalam menunjang pelayanan kesehatan. Bahkan seringkali disebutkan bahwa obat menjadi ujung tombak dari pelayanan kesehatan. Obat merupakan suatu komoditi khusus yang memerlukan pengetahuan, kompetensi dan kewenangan khusus dalam mengelolanya. Pengelolaan obat dapat beresiko bila tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya, baik resiko kepada pasien dan juga resiko bagi petugas serta sarana yang menangani.

Pengelolaan obat yang sarat dengan regulasi dan resiko menuntut kemampuan petugas secara profesional untuk senantiasa ditingkatkan secara berkelanjutan sesuai dinamika perkembangan ilmu kefarmasian dan kesehatan.

Bertolak dari dasar tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Obat kepada Pengelola Sarana Kefarmasian. Kegiatan yang bersumber dari dana DAK BPOM Tahun Anggaran 2021 ini dilaksanakan dalam dua batch.

Batch pertama dilaksanakan pada Rabu, 22 Juni 2021 di ruang pertemuan Hotel Al Ikhlas Polewali dengan narasumber Kepala Balai Besar POM di Mamuju, apt. Lintang Purba Jaya, S.Farm., M.Si. Selanjutnya batch kedua dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2021 di ruang pertemuan Café Batistuta Polewali dengan narasumber dari Balai POM di Mamuju, apt. Muh. Rais, S.Farm.

Materi yang disampaikan kedua narasumber berfokus pada Pengelolaan Obat sesuai Standar Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). Dalam rangka menunjang kinerja para tenaga farmasi dalam mengelola sediaan vaksin, khususnya vaksin Covid 19, materi mengenai Pengelolaan Vaksin Covid 19 sesuai standar CDOB juga dipaparkan oleh narasumber.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sasaran kegiatan para Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian dari Puskesmas se-Kabupaten Polewali Mandar, para Apoteker dari Apotek Komunitas se-Kabupaten Polewali Mandar, serta perwakilan Instalasi Farmasi RSUD Polewali dan RSUD Wonomulyo.

Dari kegiatan ini diharapkan para Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian semakin profesional dalam mengelola obat dan vaksin agar obat dan vaksin tetap terjaga keamanan, mutu dan khasiatnya hingga ke tangan pasien.

Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah daerah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, H.M. Suaib Nawawi, SKM, M.Kes dalam sambutannya, yaitu terwujudnya pelayanan kefarmasian yang profesional menuju pelayanan kesehatan yang paripurna.

Sumber : Seksi Farmasi Dinas Kesehatan

Kegiatan Terbaru

BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN OBAT KEPADA PENGELOLA SARANA KEFARMASIAN...
25 Jun 2021

Obat memiliki peranan yang strategis dalam menunjang pelayanan kesehatan. Bahkan seringkali disebutkan bahwa obat menjadi ujung tombak dari pelayanan kesehatan. Obat merupakan suatu komoditi khusus yang memerlukan pengetahuan, kompetensi dan kewenangan khusus dalam mengelolanya. Pengelolaan obat dapat beresiko bila tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya, baik resiko kepada pasien dan juga resiko bagi petugas serta sarana yang menangani.Pengelolaan obat yang sarat dengan regulasi dan resiko menuntut kemampuan petugas secara profesional untuk senantiasa ditingkatkan secara berkelanjutan sesuai dinamika perkembangan ilmu kefarmasian dan kesehatan.Bertolak dari dasar tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Obat kepada Pengelola Sarana Kefarmasian. Kegiatan yang bersumber dari dana DAK BPOM Tahun Anggaran 2021 ini dilaksanakan dalam dua batch. Batch pertama dilaksanakan pada Rabu, 22 Juni 2021 di ruang pertemuan Hotel Al Ikhlas Polewali dengan narasumber Kepala Balai Besar POM di Mamuju, apt. Lintang Purba Jaya, S.Farm., M.Si. Selanjutnya batch kedua dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2021 di ruang pertemuan Café Batistuta Polewali dengan narasumber dari Balai POM di Mamuju, apt. Muh. Rais, S.Farm. Materi yang disampaikan kedua narasumber berfokus pada Pengelolaan Obat sesuai Standar Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). Dalam rangka menunjang kinerja para tenaga farmasi dalam mengelola sediaan vaksin, khususnya vaksin Covid 19, materi mengenai Pengelolaan Vaksin Covid 19 sesuai standar CDOB juga dipaparkan oleh narasumber.Kegiatan ini dilaksanakan dengan sasaran kegiatan para Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian dari Puskesmas se-Kabupaten Polewali Mandar, para Apoteker dari Apotek Komunitas se-Kabupaten Polewali Mandar, serta perwakilan Instalasi Farmasi RSUD Polewali dan RSUD Wonomulyo.Dari kegiatan ini diharapkan para Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian semakin profesional dalam mengelola obat dan vaksin agar obat dan vaksin tetap terjaga keamanan, mutu dan khasiatnya hingga ke tangan pasien. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah daerah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, H.M. Suaib Nawawi, SKM, M.Kes dalam sambutannya, yaitu terwujudnya pelayanan kefarmasian yang profesional menuju pelayanan kesehatan yang paripurna.Sumber : Seksi Farmasi Dinas Kesehatan...

Selengkapnya...
Monev SPM Lintas Sektor 2023...
06 Mar 2023

Polewali Mandar, 4 Maret 2023 - Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Lintas Program pada tanggal 02-03 Maret 2023. Kegiatan ini dilakukan oleh dinas kesehatan, sehingga Kadis H.M. Suaib Nawawi, SKM, M.Kes dapat memonitor dan mengevaluasi program-program kesehatan yang telah dilaksanakan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar.Dalam kegiatan Monev Lintas Program ini, pemegang program di dinas kesehatan melaporkan hasil pelaksanaan program-program kesehatan yang telah dilakukan selama setahun terakhir. Kadis H.M. Suaib Nawawi, SKM, M.Kes memberikan arahan dan masukan untuk peningkatan program-program kesehatan di masa yang akan datang. Hasil dari kegiatan Monev Lintas Program ini menunjukkan bahwa program-program kesehatan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar selama setahun terakhir belum cukup efektif dan efisien. H.M. Suaib Nawawi, SKM, M.Kes menyoroti beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti pelayanan ibu hamil yang masih belum mencapai standar dan beberapa program lainnya.Kadis H.M. Suaib Nawawi, SKM, M.Kes mengungkapkan bahwa kegiatan Monev Lintas Program ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar. Ia berharap agar pemegang program di dinas kesehatan dapat terus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas program-program kesehatan yang telah dilakukan. Kegiatan Monev Lintas Program ini akan terus dilakukan secara rutin sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar....

Selengkapnya...

Kategori

  • 2
  • 0